9 Tahap Diagram Corong Email Marketing

Memahami urutan email marketing yang bagus sesuai tujuannya yaitu konversi dan loyalitas dari pelanggan adalah impian setian pebisnis online.

Berikut adalah 9 Tahap dalam Diagram Corong Email Marketing:

  1. Rencana
  2. Kesadaran
  3. Pertimbangan
  4. Keakraban
  5. Maksud
  6. Evaluasi
  7. Konversi
  8. Hubungan
  9. Loyal

Mari kita bahas satu per satu maksud dan tujuannya.

1. Rencana

Perencanaan sebelum melakukan suatu hal apapun adalah penting, didalamnya bisa berupa promosi berbayar maupun tidak. Seperti iklan Google, iklan Facebook, SEO, profile media sosial adalah suatu wadah untuk melakukan rencana dan menjangkau calon pelanggan.

Harus mempunyai target realistis agar bisa dikerjakan oleh kita dan staf.

Mengukur keberhasilan rencana dengan KPI yang kita buat agar sesuai dengan harapan, jangan sampai iklan berbayar kita malah boncos.

2. Kesadaran

Setelah promosi yang dilakukan sampai pada tujuannya maka pelanggan mulai sadar dengan apa yang kita tawarkan.

Dalam email marketing kita biasa sebut list building dengan layanan berbayar maupun yang gratis, dimana membuat daftar email untuk kita sampaikan informasi terkait produk. Dalam hal ini penulis beranggapan list building bisa diartikan sebagai subsriber youtube, follower instagram, follower facebook, follower pinterest, follower tiktok, channel telegram, dsb.

Konten yang bagus akan menarik perhatian calon pelanggan di wadah list building diatas. Sehingga pembuatan konten jangan sekedarnya, agar bisa membuat konten berkualitas sekarang sangat mudah dilakukan seperti gambar diagram diatas. Saya meniru dari gambar orang lain dan modifikasi sesuai kebutuhan, dalam hal ini menggunakan PowerPoint.

3. Pertimbangan

Pelanggan akan tertarik dam konten yang bagus dan apabila didalam landing page tersebut ada tombol CTA maka pelanggan mempertimbangkan akan daftar ke program yang ditawarkan, biasanya mengisi nama dan email.

Email selamat datang begitu pelanggan gabung dan autoresponder akan mengirimnya. Bila Anda memakai wordpress disini ada plugin gratisan yang bisa dipakai dan cukup efektif jika disetting dengan benar.

4. Keakraban

Jika informasi kunci tersampaikan kepada pelanggan maka muncul keakraban antara penjual dan calon pembeli. Bila dalam email terasa akrab dan hangat maka kita bisa menyampaikan keuntungan-keuntungan bila membeli produk atau layanan kita.

5. Maksud

Pelanggan akan tertarik dengan email promosi yang dikirimkan bila maksud penawaran produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jika pelanggan butuh informasi terkait pemahaman email marketing dan apabila artikel ini sesuai dengan harapannya, maka pelanggan akan daftar dalam member bisnislaris.com dimana website tersebut sudah dipasang sistem yang diperlukan untuk melakukan email marketing.

6. Evaluasi

Sebagai penjual saya akan mengevaluasi setiap pelanggan yang daftar jadi free member, optimasi website, memperbaiki copywriting ( email, landing page, produk, konten ), berinteraksi dengan pelanggan di komentar youtube, instagram, facebook, grup telegram.

7. Konversi

Tahapan yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul dan pecah telor dalam tahap konversi, artinya produk kita laku dan dibeli oleh pelanggan. Email penawaran kita akhirnya mendapatkan perhatian pelanggan dan memutuskan untuk memakai produk atau layanan kita. Menurut pengalaman penulis konversi muncul karena pelanggan sudah dekat dengan penjual, percaya dengan live zoom meeting.

8. Hubungan

Pelanggan ingin ada nilai seumur hidup dalam membeli produk atau layanan yang diperlukan. Bilamana ada yang perlu ditanyakan saya mendapat jawaban. Saya juga follow di profile facebook vendor produk yang pernah dibeli, mengikuti detiap update status, update wall. Artinya produk berkaitan dengan vendor atau pembuat / produsen dalam after sale atau setelah membeli akan ada interaksi yang diperlukan apakah sesuai solusi yang dibutuhkan atau tidak.

Umpan balik diperlukan untuk evaluasi produk dengan solusi yang dibutuhkan pelanggan.

9. Loyal

Ketika pelanggan mendapatkan solusi dengan produk yang kita tawarkan maka akan tumbuh loyalitas atau kesetiaan terhadap produk atau vendor. Dan ini adalah tahap yang sangat penting diraih sebagai penjual. Dalam omset penjualan akan naik dan bisnis akan sukses berhasil bila pelanggan loyal angkanya naik. Disini kita bisa menawarkan program loyal sesuai kebutuhan.

Kesimpulannya adalah ini hanya teori dan perlu dipraktekan dalam memahami tentang email marketing, maka dari itu bergabung dengan member.bisnislaris.com adalah keharusan karena kita bisa sharing pengalaman, berinteraksi dengan komunitas. Karena bisnis adalah seni perlu dipelajari seumur hidup dan asyiknya kita ada teman curhat. Semoga bermanfaat ya guys.

Tag:
Previous Post

Internet Marketing Dasar untuk Pemula

Next Post

Area Layanan Kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BELAJAR BARENG CARI DUIT INTERNET -> KLIK DISINI